Langsung ke konten utama

RPP PRAKARYA kerajinan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMP Putra Bangsa Depok
Mata pelajaran             : Prakarya
Kelas                           : VIII (Delapan)
Semester                      : 1 (satu)
Alokasi Waktu            : 2 Pertemuan (2x 40 Menit)
Aspek                          : Kerajinan

A.  Kompetensi  Inti (KI)       :
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  Kompetensi Dasar (KD)  :
1.1    Menghargai keberagaman produk kerajinan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1    Menghargai rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
2.2    Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan.
2.3    Menghargai kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan karya kerajinan.
3.2  Mengidentifikasi proses modifikasi karya kerajinan  dan pengemasan dari bahan limbah anorganik sesuai wilayah setempat.
4.2  Memodifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan limbah anorganik sesuai hasil identifikasi diwilayah setempat.

Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.    Mampumenyebutkan proses modifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan limbah anorganik sesuai dengan wilayah setempat.
2.    Mampu menjelaskan mamfaat proses modifikasi karyakerajinan dan pengemasan dari bahan limbah anorganik sesuai dengan wilayah setempat
3.    Mampumemodifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan limbah anorganik sesuai dengan wilayah setempat
4.      Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah
5.      Mampu Memodifikasi hasilkerajinan dan merekayasa bentuk kerajinan dari bahan limbah anorganik sehingga berbeda dengan aslinya (originalitas)
6.      Mampu mengemas produk kerajinan modifikasi dari bahan limbah anorganik sehingga memberikan daya tarik bias memberikan daya jual yang tinggi

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1.    Menyatakan keragaman memodifikasi karya kerajinan dari bahan limbah anorganik sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada tuhan yang maha esa
2.    Mengidentifikasi fungsi, bahan, alat, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik nusantara dan wilayah setempat
3.    Merancang pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik dan karya modifikasinya, berdasarkan orisinalitas ide jujur terhadap diri sendiri
4.    Mempresentasikan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik di wilayah setempat, berdasarkan teknik modifikasi dan prosedur yang tepat
5.    Menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan dari bahan limbah anorganik sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa indonesia
6.    Mengidentifikasi fungsi, alat dan bahan juga proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan bahan limbah anorganik nusantara dan di wilayah setempat nerdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan
7.    Mampu merancang kerajinan dari bahan limbah anorganik yang ada.
8.    Mampu memodifikasi karya/produk kerajinan buatan dari bahan limbah anorganik dan mempertahankan originalitas dari produk aslinya.
9.    Mampu mengemas modifikasi karya produk kerajinan buatan dari bahan limbah anorganik sehingga dapat menimbulkan daya tarik sehingga bisa meningkatkan daya jual tinggi.

D.  Materi Ajar
Buku Siswa BAB I tentang Kerajinan Dari Bahan Alam KD. 4.2:
1.    Memodifikasi Kerajinan dengan Memadukan Bahan limbah anorganik (Plastik, Kemasan makanan dll)
2.    Mengenal Kerajinan Modifikasi dengan Menggayakan Kerajinan Modifikasi dari Bahan limbah anorganik (Plastik, Kemasan makanan dll)
3.    Menyederhanakan bentuk modifikasi kerajinan dari Bahan limbah anorganik (Plastik, Kemasan makanan dll)
4.    Mengemas Produk Kerajinan Modifikasi dari Bahan limbah anorganik (Plastik, Kemasan makanan dll)

E.  Metode Pembelajaran
Pendekatan                         : Scientific dan CTL
Strategi                               Praktik dan Presentasi Hasil
Model pembelajaran           : Kooperatif
Metode                              :Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, proyek, dan
ceramah.



F.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan-1
1.    Kegiatan Pendahulan (5 menit)
a.    Motivasi        :
o  Berdoa sebelum memulai pelajaran
o  Mengabsen siswa
b.    Apersepsi      :
o  Mengenalkan tentang cara memodifikasi karya kerajianan bahan limbah anorganik
c.    Menginformasan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.

2.    Kegiatan Inti(70 menit)
a.    Mengamati
o  Melakukan pengamatan dengan cara membaca  dan menyimak dari kajian literature/media tentang pengetahuan kerajinan dari bahan limbah anorganik, jenis bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan agar terbangun rasa ingin tahu
b.    Menanya
o  Melakukan diskusi tentang aneka karya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan dari bahan limbah anorganik agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugrah tuhan
c.    Mengumpulkan data (menyelediki)
o  Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawncara tentang pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat, teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik yang ada dilingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/ cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga.
d.   Mengasosiasi
o  Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajianliteratur tentang pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
o  Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/ tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik dan pengemasannya berdasarkan  orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri
o    Mencoba membuat karya kerajinan dari bahan limbah anorganik dan pengemasannya dengan cara / teknik prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama , toleransi, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
e.    Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
o  Mengevaluasi/ menguji hasil pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya
o  Membuat laporan fortofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto gambar yang mendeskripsikan pengetahuan

3.  Kegiatan Penutup (5 menit)
a) Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
o  Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
o  Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran ini.           
b) Guru menyampaikan pembelajaran pada pertemuan selanjunya

Pertemuan-2
1      Kegiatan Pendahulan (5 menit)
a.    Motivasi             :
o  Berdo’a sebelum memulai pelajaran
o  Presensi
b.    Apersepsi           :  Tanya Jawab tentang cara memodifikasi dan Mengemas Produk
bahan alam
c.    Menginformasan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.

2      Kegiatan Inti(70 menit)
a.    Mengamati
Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literature/media tentang pengetahuan modifikasi kerajinan dari bahan limbah anorganik (Plastik, Kemasan minuman dll), jenis bahan dasar, alat, teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan agar terbangun rasa ingin tahu.
b.    Menanya
o  Melakukan diskusi tentang aneka karya modifikasi yang berkaitan dengan fungsi karya, baha dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan dari bahan limbah anorganik agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugrah Tuhan
c.    Mengumpulkan data (menyelediki)
o    Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat, teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik yang ada di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.
d.   Mengasosiasi
o    Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatankajian literature tentang pengetahuan karya modifikasi, bahan limbah anorganik, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya modifikasi kerajinan dari bahan alam yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
e.    Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
o    Mengevaluasi/Menguji hasil pengamatan karya kerajinan modifikasi dari bahan limbah anorganik untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

3.  Kegiatan Penutup (5 menit)
a.  Setiapsiswamelakukanrefleksipembelajaran
o   Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
o   Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran ini.           
b.  Guru menyampaikanpembelajaran pada pertemuan ke-2

Pertemuan-3
1.    Kegiatan Pendahulan (5 menit)
a.Motivasi   :
o   Berdo’a sebelum memulai pelajaran
o   Mengabsen Siwa
o   Merefleksi pertemuan sebelumnya.
b.Apersepsi             :  Tanya Jawab tentang cara memodifikasi dan Mengemas Produk
bahan limbah anorganik
c.Menginformasan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.

2.    Kegiatan Inti (70 menit)
a)      Mengamati
Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literature/media tentang pengetahuan modifikasi kerajinan dari bahan limbah anorganik, jenis bahan dasar, alat, teknik dan prosedur pembuatan karya kerjainan agar terbangun rasa ingin tahu.
b)     Menanya
Melakukan diskusi tentang aneka karya modifikasi yang berkaitan dengan fungsi karya, baha dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan dari bahan limbah anorganik agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugrah Tuhan
c) Mengumpulkan data (menyelediki)
Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan
motif ragam hias daerah, bahan, alat, teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik yang ada di lingkuangan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.

d) Mengasosiasi
o    Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan.kajian literature tentang pengetahuan karya modifikasi, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya modifikasi kerajinan dari bahan limbah anorganik yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
o    Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan limbah anorganik dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
o    Memodifikasi karya kerajinan dari bahan limbah anorganik dan pengemasannya dengan  cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, tolerance, disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
e)  Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
o    Mengevaluasi/Menguji hasil pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan limbah anorganik untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
o    Membuat laporan portofolio dalam berbaga bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan, bahan , alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan limbah anorganik yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/konseptual dan prosedur, serta mempresentasikan di kelas.

3.    Kegiatan Penutup
Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
o   Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari selama 2 x pertemuan berkaitan dengan modifikasi dan pengemasan.

o   Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada  pembelajaran ini.       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKETSA DIGITAL

  Sebuah sketsa digital yang saya persembahkan untuk Ibu Kepala Sekolah SMP Putra Bangsa Depok. Beliau telah banyak mengajari saya dari saat SMA, kemudian bertemu di tempat pekerjaan menjadi Guru di SMP tersebut dan di pimpin oleh beliau, semoga sehat selalu dan banyak keberkahan serta keridhoan yang beliau dapatkan. aamiin yra