|
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Putra Bangsa Depok
Mata pelajaran :
Prakarya
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan
(2x 40 Menit)
Aspek :
Kerajinan
A. Kompetensi Inti (KI) :
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan mem-buat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar (KD) :
1.1
Menghargai keberagaman produk kerajinan
di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan
2.1
Menghargai
rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman
karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada
produk Indonesia
2.2
Menghayati perilaku jujur, percaya diri,
dan mandiri dalam merancang dan membuat karya kerajinan.
2.3
Menghargai kemauan bertoleransi,
disiplin dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti
dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan karya kerajinan.
3.2 Mengidentifikasi proses modifikasi karya
kerajinan dan pengemasan dari bahan limbah
anorganik sesuai wilayah
setempat.
4.2 Memodifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan
limbah
anorganik sesuai
hasil identifikasi diwilayah setempat.
Indikator
Pencapaian Kompetensi :
1. Mampumenyebutkan proses modifikasi
karya kerajinan
dan
pengemasan
dari
bahan
limbah
anorganik sesuai
dengan
wilayah
setempat.
2. Mampu menjelaskan
mamfaat proses modifikasi
karyakerajinan
dan
pengemasan
dari
bahan
limbah
anorganik sesuai
dengan
wilayah
setempat
3. Mampumemodifikasi
karya
kerajinan
dan
pengemasan
dari
bahan
limbah
anorganik sesuai
dengan
wilayah
setempat
4. Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama
dengan yang diperoleh dari sekolah
5. Mampu Memodifikasi
hasilkerajinan dan merekayasa bentuk
kerajinan dari bahan limbah anorganik sehingga berbeda
dengan aslinya (originalitas)
6. Mampu mengemas
produk kerajinan
modifikasi dari bahan limbah anorganik sehingga memberikan
daya tarik
bias memberikan
daya jual yang tinggi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
1.
Menyatakan keragaman memodifikasi karya kerajinan dari
bahan limbah
anorganik sebagai ungkapan rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada tuhan yang
maha esa
2.
Mengidentifikasi fungsi, bahan, alat, dan proses yang
digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah
anorganik nusantara dan wilayah setempat
3.
Merancang
pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik dan karya modifikasinya, berdasarkan
orisinalitas ide jujur terhadap diri sendiri
4.
Mempresentasikan
karya kerajinan dari bahan limbah anorganik di wilayah setempat, berdasarkan
teknik modifikasi dan prosedur yang tepat
5.
Menyatakan pendapat tentang keragaman karya kerajinan
dari bahan limbah anorganik sebagai ungkapan rasa bangga dan
wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa indonesia
6.
Mengidentifikasi fungsi, alat dan bahan juga proses
yang digunakan pada pembuatan karya
kerajinan bahan limbah anorganik nusantara
dan di wilayah setempat nerdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan
7.
Mampu merancang kerajinan dari bahan limbah
anorganik yang ada.
8.
Mampu
memodifikasi karya/produk kerajinan buatan dari bahan limbah
anorganik dan
mempertahankan originalitas dari produk aslinya.
9.
Mampu
mengemas modifikasi karya produk kerajinan buatan dari bahan limbah
anorganik sehingga
dapat menimbulkan daya tarik sehingga bisa meningkatkan daya jual tinggi.
D. Materi Ajar
Buku Siswa BAB I tentang Kerajinan Dari Bahan Alam KD. 4.2:
1. Memodifikasi Kerajinan dengan Memadukan Bahan limbah
anorganik (Plastik,
Kemasan makanan dll)
2. Mengenal Kerajinan Modifikasi dengan Menggayakan Kerajinan Modifikasi dari Bahan limbah anorganik (Plastik,
Kemasan makanan dll)
3. Menyederhanakan bentuk modifikasi kerajinan dari Bahan limbah anorganik (Plastik,
Kemasan makanan dll)
4. Mengemas Produk Kerajinan Modifikasi dari Bahan limbah anorganik (Plastik,
Kemasan makanan dll)
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Scientific dan CTL
Strategi : Praktik dan Presentasi Hasil
Model pembelajaran : Kooperatif
Metode :Penugasan,
tanya jawab, diskusi, demonstrasi, proyek, dan
ceramah.
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan-1
1.
Kegiatan
Pendahulan (5 menit)
a.
Motivasi :
o Berdoa sebelum memulai pelajaran
o Mengabsen siswa
b.
Apersepsi :
o Mengenalkan tentang cara memodifikasi karya
kerajianan bahan limbah anorganik
c.
Menginformasan kompetensi dasar yang
harus dicapai oleh peserta didik.
2.
Kegiatan
Inti(70 menit)
a. Mengamati
o Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literature/media
tentang pengetahuan kerajinan dari bahan limbah anorganik, jenis bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur
pembuatan karya kerajinan agar terbangun rasa ingin tahu
b. Menanya
o
Melakukan diskusi tentang aneka karya
yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur
pembuatan kerajinan dari bahan limbah anorganik agar terbangun rasa ingin tahu
sehingga dapat mensyukuri anugrah tuhan
c.
Mengumpulkan data (menyelediki)
o
Melakukan
kegiatan observasi dengan teknik wawncara tentang pengetahuan motif ragam hias
daerah, bahan, alat, teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah
anorganik yang ada
dilingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun,
bangga/ cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga.
d.
Mengasosiasi
o Menyimpulkan dan membuat laporan hasil
pengamatan/kajianliteratur tentang pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses
yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah
anorganik yang ada
dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
o Membuat rancangan gagasan dalam bentuk gambar skets/
tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah
anorganik dan
pengemasannya berdasarkan orisinalitas
ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri
o Mencoba
membuat karya kerajinan dari bahan limbah anorganik dan pengemasannya dengan cara /
teknik prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama , toleransi,
disiplin, tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan
lingkungannya.
e.
Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
o Mengevaluasi/ menguji
hasil
pembuatan
karya
kerajinan
dari
bahan
limbah anorganik untuk memperlihatkan
kejujuran
dalam
berkarya
o Membuat laporan fortofolio dalam berbagai bentuk
seperti tulisan, foto gambar yang mendeskripsikan pengetahuan
3. Kegiatan Penutup (5 menit)
a)
Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
o Guru dan peserta
didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
o Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada pembelajaran ini.
b) Guru
menyampaikan pembelajaran pada
pertemuan selanjunya
Pertemuan-2
1
Kegiatan
Pendahulan (5 menit)
a. Motivasi :
o Berdo’a sebelum memulai pelajaran
o Presensi
b. Apersepsi : Tanya Jawab
tentang cara memodifikasi dan Mengemas Produk
bahan alam
c. Menginformasan
kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
2
Kegiatan
Inti(70 menit)
a. Mengamati
Melakukan pengamatan
dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literature/media tentang
pengetahuan modifikasi kerajinan dari bahan limbah anorganik (Plastik,
Kemasan minuman dll),
jenis bahan dasar, alat, teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan agar terbangun rasa ingin
tahu.
b. Menanya
o
Melakukan diskusi tentang aneka karya
modifikasi yang berkaitan dengan fungsi karya, baha dasar, alat, teknik, dan
prosedur pembuatan kerajinan dari bahan limbah anorganik agar terbangun rasa
ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugrah Tuhan
c. Mengumpulkan
data (menyelediki)
o
Melakukan kegiatan observasi dengan
teknik wawancara tentang pengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat,
teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik yang ada di lingkungan wilayah
setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta tanah
air dan bersyukur sebagai warga bangsa.
d. Mengasosiasi
o
Menyimpulkan dan membuat laporan hasil
pengamatankajian literature tentang pengetahuan karya modifikasi, bahan limbah anorganik, alat, teknik, dan
proses yang digunakan pada pembuatan karya modifikasi kerajinan dari bahan alam
yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
e. Mengkomunikasikan
(menjalin jejaring)
o
Mengevaluasi/Menguji hasil pengamatan karya kerajinan
modifikasi dari bahan limbah anorganik untuk memperlihatkan kejujuran dalam
berkarya.
3. Kegiatan Penutup (5 menit)
a. Setiapsiswamelakukanrefleksipembelajaran
o Guru dan peserta
didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
o Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada pembelajaran ini.
b. Guru menyampaikanpembelajaran pada
pertemuan ke-2
Pertemuan-3
1. Kegiatan Pendahulan (5 menit)
a.Motivasi
:
o Berdo’a sebelum memulai pelajaran
o Mengabsen Siwa
o Merefleksi pertemuan sebelumnya.
b.Apersepsi :
Tanya Jawab tentang cara memodifikasi dan Mengemas Produk
bahan limbah anorganik
c.Menginformasan
kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.
2.
Kegiatan
Inti (70 menit)
a) Mengamati
Melakukan pengamatan
dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literature/media tentang
pengetahuan modifikasi kerajinan dari bahan limbah anorganik, jenis bahan
dasar, alat, teknik dan prosedur pembuatan karya kerjainan agar terbangun rasa
ingin tahu.
b) Menanya
Melakukan diskusi
tentang aneka karya modifikasi yang berkaitan dengan fungsi karya, baha dasar,
alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan dari bahan limbah anorganik agar
terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugrah Tuhan
c) Mengumpulkan
data (menyelediki)
Melakukan kegiatan observasi dengan
teknik wawancara tentang pengetahuan
motif ragam hias daerah, bahan,
alat, teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan dari bahan limbah anorganik
yang ada di lingkuangan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu,
bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.
d) Mengasosiasi
o
Menyimpulkan dan membuat laporan hasil
pengamatan.kajian literature tentang pengetahuan karya modifikasi, bahan, alat,
teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya modifikasi kerajinan
dari bahan limbah anorganik yang ada dilingkungan wilayah setempat atau
nusantara.
o
Membuat rancangan gagasan dalam bentuk
gambar skets/tertulis untuk kegiatan pembuatan karya kerajinan modifikasi dari
bahan limbah anorganik dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang
jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
o
Memodifikasi karya kerajinan dari bahan limbah anorganik dan
pengemasannya dengan cara/teknik dan
prosedur yang tepat dengan menunjukkan sikap bekerjasama, tolerance, disiplin,
tanggung jawab dan peduli akan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
e) Mengkomunikasikan (menjalin jejaring)
o
Mengevaluasi/Menguji hasil pembuatan
karya kerajinan modifikasi dari bahan limbah anorganik untuk memperlihatkan
kejujuran dalam berkarya.
o
Membuat laporan portofolio dalam berbaga
bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan, bahan , alat, teknik,
dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap
karya kerajinan dari bahan limbah anorganik yang dibuatnya sebagai pemahaman
akan pengetahuan/konseptual dan prosedur, serta mempresentasikan di kelas.
3.
Kegiatan
Penutup
Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran
o Guru dan peserta
didik membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari selama 2 x pertemuan berkaitan dengan
modifikasi dan pengemasan.
o Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada pembelajaran ini.
Komentar
Posting Komentar